Monday, November 5, 2012

Jambore Pemuda Indonesia - ASEAN 2012

Jambore Pemuda Indonesia adalah salah satu dari kegiatan tahunan pemuda yang disponsori oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran dan rasa cinta tanah air, memahami keanekaragaman budaya bangsa, memupuk kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan keterampilan dan melatih kreativitas sehingga diharapkan kedepannya pemuda Indonesia memiliki karakter daya saing, kemandirian dan jati diri sebagai generasi muda yang siap menyongsong setiap persaingan dan perubahan yang terjadi serta siap menyambut komunitas ASEAN di tahun 2015. *duilehhh bahasanya berat!

Idealnya Jambore Pemuda Indonesia adalah bagian dari rangkaian kegiatan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP). Namun untuk tahun ini, BPAP tidak dapat dilaksanakan. Yang juga berbeda di tahun ini, Jambore Pemuda Indonesia mengundang negara ASEAN yang dihadiri oleh negara Brunei Darussalam serta negara tetangga Timor Leste.

Jambore Pemuda Indonesia sendiri berlangsung pada tanggal 27 Oktober - 2 November 2012 di eks STQ Bukit Jabal Nur Jl.Soekarno Hatta kota Palu, Sulawesi Tengah yang jika dihitung secara garis besar menghadirkan 1000 orang termasuk peserta, para alumni dan panitia. Hitung saja dari Provinsi Jambi berjumlah 18orang, belum lagi jika para kepala dinas ikutan hadir di tengah acara berlangsung.

Jambore Pemuda Indonesia - ASEAN tahun ini mengambil tema "Dengah sumpah pemuda dan jambore pemuda indonesia kita mantapkan kemandirian, kreatifitas dan identitas kebangsaan menuju komunitas ASEAN 2015". Acara pembukaan yang jatuh tepat di malam Sumpah Pemuda dihadiri oleh bapak Andi Mallaranggeng beserta ibu. Acaranya pun sangat kental dengan nuansa pramuka. Ada yel yel dari tiap provinsi, api unggun, menyanyikan lagu kebangsaan sambil gandengan tangan dengan orang yang baru pertama kali dilihat serta renungan jiwa untuk para pemuda bangsa.
Menyalakan Api Unggun Sebagai Peresmian JPI-ASEAN 2012

Adapun jenis kegiatan secara garis besar adalah :
1. Workshop dan Seminar :
a. Pembangunan Karakter Pemuda Indonesia
b. Bahaya Narkoba dan Pornografi
c. Membangun jiwa kewirausahaan
d. Empat Pilar Kebangsaan
e. Training of Trainer Karakter
f. Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna
g. Tanggap Bencana
2. Penghijauan dan bakti soasial pemuda
3. Pentas seni oleh masing masing provinsi serta penampilan dan artis artis lokal dan ibukota
4. Pengenalan olahraga tradisional serta outbond
5. Pameran dari masing masing provinsi
6. Wisata pemuda dimana masing masing provinsi memilih sepasang pemuda pemudi yang bertindak sebagai duta wisata.

Di depan Stand Pameran Jambi
Untuk menjadi peserta, anda harus berusia 18-25 tahun, belum menikah, minimal lulus SMA dan lulus dalam tahapan seleksi di Dispora kabupaten / provinsi. Seleksi yang diadakan pun kurang lebih sama seperti seleksi ketika mengikuti program pertukaran antar negara. Setelah terpilih, akan ada fase karantian selama 3 hari di kota masing masing sebelum kontingen provinsi diberangkatkan menuju Palu.

Kontingen Jambi siap diberangkatkan!

Selama Jambore Pemuda Indonesia, kontingen Jambi berkesempatan tinggal bersama dengan kontingen provinsi Papua dalam satu anjungan (rumah kayu panggung). Tentunya dipisah antara pemudi dengan pemuda.

Sekian dan Terima kasih.
Sampai bertemu kembali di Jambore Pemuda Indonesia dan Bakti Pemuda Antar Provinsi 2013 di Kalimantan Timur.
*dadah dadah*

3 comments:

ramadhan said...

mau tanya nih,buat program 2013 mulai pndaftaran kpan ya? info lrbih lanjut mesti hub kmana?
trims.

Ramadhan Nawawi said...

nanya dong, utk 2013 pndaftarannya skitar bulan brapa? info lebih lanjut kira-kira kmana? mhon infonya. trims

Lenny said...

Hai... Pendaftaran kemarin di pertengahan tahun dan sangat bergantung sama masing masing Dispora. Langsung tanya aja ke Dinas Pemuda Olahraga setempat yah :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...